ADV

Kamus Futsal kamus futsal, istilah futsal

Published on December 24th, 2014 | by kipu

1

Kamus Istilah Futsal A-G

A

Ankle Support – Perlengkapan yang digunakan untuk meminimalisir cedera pada ankle agar ankle tidak banyak mengalami pergerakan dan bersifat sebagai pengganti bebat.

B

Backpass – Merupakan operan yang diberikan pemain, kembali kepada kiper setelah sebelumnya kiper memberikan operan kepada pemain yang menjadi satu tim.
Barehand (Tangan Kosong) – Istilah yang diberikan kepada kiper futsal yang tidak menggunakan sarung tangan.
Blunder – Kesalahan yang dilakukan oleh pemain dimana mengakibatkan hal yang berbahaya bagi tim.
Body Contact – Kontak yang terjadi dalam bentuk benturan, tackle atau saling beradu antara para pemain.

C

Cleansheet – Istilah yang digunakan dimana hal ini terjadi ketika gawang dari tim tidak kebobolan.
Communication (Komunikasi) – Salah satu hal terpenting bagi para pemain futsal dalam membangun kerja sama tim.
Corner Kick (Sepak Pojok) – Biasa juga disebut tendangan penjuru, hal ini terjadi ketika pemain tim kita menyentuh bola sebelum akhirnya bola keluar dari lapangan, segaris terhadap samping gawang.
Counter Attack (Serangan Balik) – Serangan yang dilakukan dengan cepat memanfaatkan kelengahan tim lawan ketika mereka sedang asik menyerang.

D

Deflect – Kejadian dimana tendangan dari peman lawan membentur suatu hal, lazimnya karena membentur pemain satu tim sehingga bola berubah arah.
Delay – Salah istilah untuk kejadian mengulur-ulur waktu pertandingan.
Direct Free Kick (Tendangan Bebas Langsung) – Salah satu keputusan dari wasit, dimana bola boleh ditendang langsung ke arah gawang (satu sentuhan) dan sah sebagai GOL jika masuk ke gawang.
Diving – Istilah yang mengacu kepada tindakan pemain yang berpura-pura terjatuh dan kesakitan setelah menerima perlakuan baik sengaja maupun tidak sengaja dari lawan. Diving biasa dilakukan agar pemain dan timnya mendapatkan keuntungan berupa tendangan bebas, tendangan penalti, bahkan dikeluarkannya pemain lawan yang dianggap mengasari pemain yang melakukan diving.
Drop Kick – Tendangan yang dilakukan oleh kiper futsal yang dimaksudkan untuk mencetak gol atau untuk membuang bola. Namun ada ketentuan khusus dalam melakukannya yaitu harus dalam posisi Open Play atau bola hidup. Dimana keadaan ini terjadi ketika kiper berhasil menguasai bola dan sebelum waktu 4 detik hitungan selesai.

E

Elbow Pad (Pelindung Siku) – Salah satu perlengkapan kiper futsal yang berguna untuk melindungi siku dari gesekan/benturan terhadap lapangan.
Elbow Support – Hampir sama kegunaannya seperti Elbow Pad namun tidak memiliki busa.

F

Foul – Istilah pelanggaran dalam futsal, dan jika salah satu tim telah melakukan 5 kali pelanggaran maka tim lawan berhak mendapat hadiah Second Penalty jika tim lawannya melakukan pelanggaran ke-6.

G

Goal Throw (Lemparan Gawang) – Lemparan yang harus dilakukan oleh kiper futsal untuk memulai kembali pertandingan. Sama halnya seperti Goal Kick pada olahraga sepakbola.
Gloves (Sarung Tangan Kiper) – Perlengkapan yang biasanya digunakan oleh seorang kiper, baik kiper futsal atau kiper sepakbola. Dengan berbagai tujuan penggunaan, baik untuk meminimalisir cedera atau agar tangkapan lebih lengket.
Kamus Istilah Futsal H-N
Kamus Istilah Futsal O-U
Kamus Istilah Futsal V-Z

Tags: ,


About the Author



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Back to Top ↑